Rss Feed

Ikut Rekrutmen CPNS Kemenkeu 2010 nih,,,,,,

Tahun 2010 ini saya ikut test Rekrutmen CPNS Tingkat Sarjana dan Pasca Sarjana di Kementerian Keuangan yang sebelumya dikenal dengan Departemen Keuangan. Karena ini pendaftaran online, jadi segala komunikasi antara peserta dan panitia hanya via web. Langsung saja ke: http://ppcpns.depkeu.go.id/ untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap.

Untuk tahun ini, test dilaksanakan sebanyak 4 tahap:
1. Test Potensi Akademik (TPA)
2. Test Psikotest
3. Test Kebugaran dan Kesehatan
4. Test Wawancara (Personal Interview)

Jarak antar test sekitar 2 minggu hingga 1 bulan, tergantung agenda pelaksanannya. Ada kemungkinan test dilaksanakan di hari kerja. Jadi buat saya yang sudah bekerja, terpaksa bolos nih.. ;-)

Test Potensi Akademik (TPA) adalah test dasar. Test berisi soal-soal Matematika, Bahasa Indonesia, Pengetahuan tentang Kenegaraan dan ditutup dengan soal Bahasa Inggris. Soal terakhir diminta untuk menterjemahkan beberapa paragraf ke Bahasa Indonesia. buat bahan latihan, saya membeli buku latihan soal CPNS yang banyak dijual di toko buku. Soalnya buat saya yang non fresh graduated ini bisa cukup membantu.. :-)

Test TPA berisi lebih dari 200-an soal dengan waktu pengerjaan sekitar 180 menit. Kalo diitung2 HANYA punya waktu kurang dari 1 menit untuk mengerjakan satu soal. Tips yang saya tahu, jika Anda tidak dapat jawaban pastinya, langsung tentukan saja jawaban yang Anda yakini benar. Anda TIDAK disarankan untuk skip atau melewati soal yang Anda tidak bisa, karena dengan jumlah soal yang banyak dan waktu yang terbatas, Anda TIDAK akan punya waktu lagi untuk kembali mengerjakan soal sebelumnya. Dan di setiap pergantian tipe soal, Anda TIDAK diperbolehkan lagi membuka soal tipe sebelumnya. So, use your time wisely and get it done ASAP.

Tahapannya kira2 seperti ini:

- Lembar jawabn ujian (LJU) dibgikan sekitar pukul 8.00, qt dihrskan mngsi informsi ttg dri qt sprti nma, ttgl lhir, no test, ttd, no soal.

- Soal dibagikan bbrpa saat stlhny, dlm keadaan tersegel & tertelungkup. qt hanya boleh melihat no seri soal berwarna merah yang ada d pojok kanan atas, dan menuliskan pd LJU. Selanjutnya di bwh no seri, terdapt kotak dimana qt dhruskan mengisi data diri di dlmny.

-Pukul 8.30 WIB, soal bagian I (tes verbal dan IPU) br boleh dibuka dan d kerjakan. (Perlu diketahui dalam bendelan soal terdapat 4 bagian soal tersegel yg masing2 hny bleh dbuka stlh ada aba2). Jumlah soal bag I ada 85, dan berdasarkan penglaman waktu pgerjaan 30 mnit. 5-4 mnit sblm wktu hbis akn ada prngtn. Ini bagian soal yng pling cepat, jd hrus bnyk brltih dan “nembak” klu waktu sdh akan slsai. Insy soal yg slah tdak mngurangi nilai.

-Pukul 09.00 WIB, soal bag II (Aitmatika) dipernthkn untk dbuka (perlu d kthui, pd saat bgian II sdh dmulai, anda sangt dlrg untuk mmbuka kmbali bag I d dpn, pgwas akan berkliling dan pada msing2 bgn soal terdapat tanda). kalo g salh bagian in yg paling lama. Saya lupa jumlah soal, kl tdk salah stlh bgian I jmlh soal @20-30.

-Pukul 10.00, bagian III (bahasa Indonesia). pelajari bagmn cr menarik kesmpuln logik dr suatu pargrph pendek, kbnykan smua soal begitu.

-Pkl 10.30, bagian IV (bhs Inggris), sbgian bsr ttg mgsi bgian yg ksong dr suatu kalmt, bs mnggnkn tnses, auxlry, cnjnction, dll yg tepat. ada soal bacaan sbnyk 3 prgrph. Ingat, apabila kir2 wktu mepet untk mmbaca smua soal, sebaiknya kerjakan dahulu HLMN TRANSLTE DI BAGN BLKG SOAL. klu sdh slsai, br kmbali ke yg belum.

Jadi kalo diitung2..........
Bagian 1 : 85 soal (Test Verbal) durasi 30 menit
Bagian 2 : 40 soal (Test Kuantitatif) durasi 50 menit
Bagian 3 : 20 soal (Test bhs. indonesia, penarikan kesimpulan) durasi 25 menit
Bagian 4 : 35 soal + 1 soal translate english to indonesia (test bhs. inggris). durasi 30 menit
Jadi, Total semua soal 180 soal + 1 soal essay (translate) durasi total 2 Jam 15 Menit atau 135 Menit.

Test Psikotest akan ditest oleh ahli psikotest. Yang sudah biasa ngelamar kerja dan ikut psikotest, ya testnya tidak jauh beda dari itu karena semuanya sudah standar.

Sekedar share utk psikotes, dimulai dengan tes matematika dasar (penjumlahan, perkalian, bagi), trus ada tes persamaan dan perbedaan kata (verbal ya namanya, sy lupa). Lanjut tes menyusun gambar, logika, dan mencari persamaan gambar. Saya pikir semua tes itu utk mengukur IQ dan daya nalar kita. Beberapa ada yang sulit, tapi bagi yg sudah berlatih dengan contoh2 soal sebelumnya di rumah pasti bisa.

Tes selanjutnya yaitu tes PAULI (njumlahin angka2 sampe gempor dan bikin stres). Agar tidak kaget dan panik saya udah latihan tes ini sebelumnya dengan limit waktu tiap 3 menit garis. Alhamdulillah bs dilalui dgn baik. Di tes ini saya hampir selesai 2 halaman.

Setelah tes PAULI, kita di suruh ngisi data pribadi, riwayat pendidikan, apa kekuatan dan kelemahan kita (bukan fisik) trus menceritakan 2 cerita yang paling berkesan dan mengecewakan yg terjadi 2 tahun terakhir ini. Trus apa sikap kita terhadap kejadian tersebut???

Terakhir…… MENGGAMBAR.
Ini yg paling bikin saya ketawa sendiri, karena saya gak bs menggambar :-D Tapi kata temen saya yg psikolog, yg dinilai bukan bagus atau jeleknya gambar tapi utk menilai kepribadian kita dari gambar yg kita buat. Dari tarikan garis, tebal tipis garis, dll. So saya gambar apa adanya saja. Ada 3 yg harus kita gambar :
1. Wartegg tes (8 kotak gambar yg ada garis lurus dan lengkungnya yg harus kita teruskan itu).
2. Gambar orang (lengkap, tangan kaki, mata, telinga, hidung dll) yg sedang beraktifitas. Dan sayapun menggambar orang yg sedang bawa tas kerja mau berangkat ke kantor (walau gak jelas bentuknya),hehehe
3. Gambar pohon lengkap dengan akar2nya. Saya menggambar pohon mangga.

Selanjutnya Test Kebugaran dan Kesehatan. Test Kesehatan akan dipanggil satu-persatu, disini kita diperiksa oleh dokter perihal tinggi dan berat badan, mulut, gigi, perut, telinga, kerongkongan, mata, anus, dll. Yach, hanya test luar dan tidak akan pake test darah, rontgen, rekam jantung, dll yang ribet-ribet. Selesai, selanjutnya peserta akan menunggu antrian untuk test kebugaran. Waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan diatas tidak lebih dari 15 menit. Untuk Test Kebugaran, berupa test ketahanan (endurance) dan kecepatan (speed). Untuk uji ketahanan, kita diberi waktu untuk lari sekitar 12 menit. Nah, seandainya kita diminta lari mengelilingi suatu lapangan, pastikan kita tahu persis panjang lintasan satu putaran berapa meter. Tips dari saya, usahakan minimal bisa lari 800m, jangan sampai kurang. Setelah itu kita akan test kecepatan, diminta untuk (shuttlerun) yaitu lari cepat membentuk angka delapan sebanyak 3 kali, dan waktunya akan dicatat.

0 comments:

Post a Comment